Skip to main content
banner

11/09/2019 | Toyota Global

TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Juara 1 dan 2 Ajang Perdana Balap Ketahanan di Silverstone Inggris

TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Juara 1 dan 2 Ajang Perdana Balap Ketahanan di Silverstone Inggris

TOYOTA GAZOO Racing memulai musim World Endurance Championship (WEC) 2019-2020 dengan hasil sempurna dengan kemenangan satu-dua dalam lomba balap ketahanan 4 jam di sirkuit Silverstone, Inggris yang penuh drama.

Favorit tuan rumah Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López mengunci kemenangan dari posisi start terdepan bermodalkan mobil TS050 HYBRID no #7.

Ini merupakan kemenangan keenam berturut-turut yang ditorehkan oleh tim juara dunia TOYOTA GAZOO Racing, meskipun mobil-mobilnya sekarang memiliki bobot 99 kg lebih berat daripada pesaing terdekat sebagai handycap juara.

Sementara TS050 HYBRID #8 dari Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima, dan Brendon Hartley berjuang sampai ke garis finish dan meraih posisi kedua.

Dengan waktu hanya kurang dari dua detik di belakang mobil saudaranya, di depan penonton sekitar 49.600 orang yang menyaksikan perlombaan penuh aksi dalam kondisi cuaca yang terus berubah.

Mike memulai balapan dari depan, memegang keunggulan dari Sébastien selama tahap awal sampai dikibarkannya bendera kuning. Sébastien mengambil alih pimpinan dan segera menutup celah dan memimpin dengan Mike menempel ketat.

Ketika balapan mendekati 90 menit, hujan deras mengguyur trek Silverstone. Kedua mobil awalnya berusaha untuk menghindari pit-stop yang tidak direncanakan tetapi kondisi lintasan memburuk dan keduanya akhirnya menggunakan ban cuaca basah.

Pit stop terbukti menjadi faktor yang berpengaruh, dan TOYOTA GAZOO Racing kehilangan waktu berharga saat penggantian ban.

Bahkan lebih signifikan musim ini karena perubahan regulasi yang menambah waktu pengisian bahan bakar untuk HYBRID TS050 untuk memastikan bahwa rival mereka dapat mengisi dalam waktu yang sama, meskipun menambahkan lebih banyak bahan bakar ke tangki masing-masing .

Brendon memimpin pada debut balapannya di mobil #8 meskipun kehilangan beberapa detik di pit stop karena perbaikan wiper kaca depan. Kamui langsung memperkecil jarak dan menyusul setelah ada kesempatan. Perlombaan memasuki dua jam terakhir di bawah safety car.

Ketika balapan dilanjutkan kembali setelah safety car masuk, kedua TS050 HYBRID memimpin dan langsung jarak mereka dengan Rebellion di mobil #3 meningkat menjadi hampir satu menit saat ia melakukan penalti stop-and-go untuk pelanggaran teknis.

Akhirnya, tinggal dua TS050 HYBRID, dengan Kamui di mobil #7 dan Brendon mengemudi mobil #8, yang bertarung demi kemenangan.

Pasangan sempat bertukar tempat beberapa kali sebelum menyerahkan kendali masing-masing kepada José dan Kazuki untuk jam terakhir.

José memegang keunggulan ketika melaju di garis finish, ia memenangkan perlombaan untuk mobil #7 hanya 1,901 detik di depan Kazuki di #8.

TOYOTA GAZOO Racing akan memimpin putaran kedua musim ini di Fuji Speedway, Jepang pada 6 Oktober 2019 ketika durasi lomba akan kembali ke format enam jam yang lebih tradisional.

Namun, tantangan untuk menang lagi di kandang akan lebih sulit karena aturan baru yang memberikan handycap berat pada mobil tergantung pada posisi kejuaraan. Dan akan terasa signifikan pada mobil pemenang balapan sebelumnya.

“Ini adalah balapan yang fantastis untuk TOYOTA GAZOO Racing, pit-stopnya bagus, mobil-mobilnya dipersiapkan dengan baik dan tidak ada kesalahan dari pengemudi mana pun,” jelas Brendon Hartley, yang baru saja ikut mengendarai TS050 HYBRID #8.

“Ada sedikit kekecewaan karena tidak menjadi yang pertama, tetapi karena kita semua tahu hanya satu mobil yang bisa menang, jadi saya senang dengan akhir pekan pertama saya dengan TGR dan bagaimana saya terintegrasi dengan Kazuki, Sebastien, dan tim,” tutupnya bersemangat.