Skip to main content
banner

10/09/2019 | Toyota In Indonesia

Toyota Yaris WRC Siap Mendominasi Reli Turki 2019 Bermodalkan Sapu Bersih di Reli Jerman

Toyota Yaris WRC Siap Mendominasi Reli Turki 2019 Bermodalkan Sapu Bersih di Reli Jerman

Tim reli dunia TOYOTA GAZOO Racing (TGR) sukses menorehkan sejarah baru dengan menyapu bersih podium juara Reli Jerman yang masuk dalam kalender reli dunia WRC yang diadakan pada Jumat – Minggu (25 – 27/8/2019) lalu.

Pereli Ott Tänak meraih podium juara pertama untuk meningkatkan keunggulannya di klasemen pembalap menjadi 33 poin, dengan rekan setimnya Kris Meeke dan Jari-Matti Latvala bergabung di podium juara 2 dan 3.

Hasilnya, pertama kalinya dalam empat tahun kejuaran dunia reli, satu tim pabrikan sukses menguasai podium keseluruhan pada sebuah ajang balap World Rally Championship (WRC) dan membawa tim unggul 8 poin secara keseluruhan.

Tim reli dunia TOYOTA GAZOO Racing akan kembali menunjukkan hegemoninya di ajang Reli Turki yang akan berlangsung pada Kamis – Minggu (12 – 15/9/2019) dengan trek sama sekali beda yakni aspal di atas batu kerikil.

Saat Reli Turki bergabung dalam kalender kejuaran WRC tahun 2018 lalu, Toyota Yaris WRC terbukti sanggup tampil maksimal dengan menempati podium 1 dan 2 klasemen pembalap umum.

Sebuah pencapaian yang berhasil dipecahkan dengan finish 1-2-3 baru-baru ini di Reli Jerman oleh trio pembalap TGR yaitu Ott Tänak, Kris Meeke dan Jari-Matti Latvala.

Reli Turki mengambil lokasi di kawasan resort Marmaris di pantai Laut Mediterania, di barat daya Turki. Permukaan kasar dan berbatu dikombinasikan dengan suhu udara tinggi menuntut performa terbaik mobil dan pembalap.

Terutama karena kecepatan yang relatif rendah mengurangi aliran udara untuk pendinginan mesin, transmisi dan rem. Ini berarti tim harus bermain apik dengan mencatat waktu sebaik mungkin tapi tidak sampai mengorbankan performa Toyota Yaris WRC.

Reli dimulai dengan trek Super SS di Marmaris pada Kamis malam, dan dilanjutkan dengan pertarungan panjang 2 etape di hari Jumat menempuh jarak sekitar 159,14 km yang sangat menantang ke arah Utara.

Pada hari Sabtu, reli menuju barat Marmaris untuk tiga tahapan lagi. Ada empat tahapan secara total pada hari Minggu, berakhir di trek balap spesial Marmaris Power Stage.

”Kepercayaan tim sangat tinggi saat ini setelah hasil luar biasa di Jerman, tetapi kami tahu bahwa Reli Turki akan menjadi tantangan yang sama sekali berbeda. Ini adalah jenis reli di mana Anda harus cerdas dengan strategi,” jelas Tommi Mäkinen, Team Principal TGR World Rally Team.

“Tahun lalu, saya pikir kami pintar dan kami mampu mencapai hasil yang bagus. Tentu saja, kami akan mencoba mengulanginya tetapi itu tidak mudah,” lanjutnya.

“Memiliki mobil yang dapat mengatasi kondisi sangat penting, dan kami juga ingin memiliki kinerja yang lebih optimal di sana, sehingga persiapan dan kerja keras kami terbayar lunas,” tutupnya optimis.